Kami sangat menghargai Anda jika mengutip konten blog ini dengan menyebutkan sumbernya.

Minggu, 29 November 2015

Hari Lahir Pak Raden menjadi Hari Dongeng Nasional


Kebudayaan Nusantara sangat kaya akan dongeng karena bangsa Indonesia sejak dulu memiliki budaya narasi yang disampaikan secara oral. Setiap daerah memilki puluhan, ratusan, bahkan mungkin ribuan cerita dan dongeng. Karena itulah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sangat mengapresiasi dan mendukung inisiatif masyarakat untuk menetapkan Hari Dongeng Nasional. Dan hari ini, 28 November 2015, bertepatan dengan hari lahir Drs. Suyadi, atau yang biasa dikenal sebagai Pak Raden, Mendikbud Anies Baswedan pun turut menghadiri Deklarasi Hari Dongeng Nasional di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, bersama Forum Dongeng Nasional dan komunitas lainnya.


Mendikbud mengatakan, Pak Raden adalah sosok multitalenta, yang tak hanya pintar mendongeng, namun juga melukis. Kekuatan terbesarnya adalah rasa cintanya yang tak hingga pada anak-anak. Tidak ada satupun pendongeng modern Indonesia yang tidak mengidolakan dan meneladani Pak Raden. Karena itu, katanya, masyarakat Indonesia merasa sangat kehilangan ketika mendengar kabar berpulangnya Pak Raden.

"Menjadikan hari kelahirannya sebagai Hari Dongeng Nasional artinya kita memastikan legasi, keteladanan dan pesan-pesannya akan terus kita kenang setiap tahunnya. Maka dari itu saya mengapresiasi inisiatif untuk deklarasi 28 November, hari kelahiran Pak Raden, sebagai Hari Dongeng Nasional oleh berbagai komunitas dongeng dan kami akan memikirkan dukungan-dukungan apa yang bisa kami berikan lebih jauh pada tahun-tahun ke depan," ujar Mendikbud saat acara Deklarasi Hari Dongeng Nasional di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, (28/11/2015).

Ia juga menuturkan, manusia adalah makhluk naratif, sehingga bercerita dan mendengarkan cerita adalah sesuatu yang tertanam begitu dalam di dalam diri manusia, dansesuatu yang disukai secara alami. Ada teori yang mengatakan bahwa bercerita dan mendongeng bisa jadi adalah salah satu alasan munculnya bahasa pertama kali. Bercerita dan mendongeng adalah perekat komunitas manusia sejak ribuan tahun lalu. Bercerita dan mendongeng juga merupakan bentuk tertua dari mengajar, mendahului menulis dan membaca.

"Ada banyak sekali kelompok-kelompok kebudayaan manusia yang buta huruf, mungkin hingga sekarang, tetapi tidak ada satupun kelompok kebudayaan manusia yang tidak memiliki cerita dan dongeng," tutur Mendikbud. Namun, lanjutnya, saat ini ada kecenderungan penurunan penggunaan dongeng dan cerita di kelas-kelas dan bahkan mungkin di rumah-rumah.

"Mungkin karena sebagian dari kita terlalu mengutamakan kemampuan akademis secara tidak proporsional, mengutamakan model-model pembelajaran yang instan dan cepat, penuh dengan hapalan-hapalan permukaan. Mungkin karena sebagian dari kita sudah terbiasa menjalani tanpa mencoba mengalami. Padahal sudah begitu banyak riset yang membuktikan manfaat cerita dan dongeng dalam tumbuh kembang anak, mulai dari meningkatkan kemampuan mendengar, kemampuan berbahasa, kemampuan imajinasi, kemampuan empati, dan pengembangan karakter lainnya," ujar Mendikbud.

Ia juga mengapresiasi inisiatif masyarakat untuk menghidupkan kembali penggunaan dongeng dan cerita dalam pembimbingan tumbuh kembang anak-anak.  Para pegiat dongeng di Indonesia berkumpul di berbagai wilayah dan secara bersama ingin mengangkat momen Hari Dongeng Nasional sebagai perayaan suka cita cerita untuk merayakan dongeng. Salah satunya adalah Forum Dongeng Nasional yang terdiri dari banyak individu, perorangan, kelompok, komunitas, pendidik, dan pemerhati anak di seluruh Indonesia yang ingin menyatakan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional. Deklarasi Hari Dongeng Nasional dan acara dongeng bersama pun dilakukan serentak di Aceh, Medan, Lampung, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Nusa Tenggara Barat, Bali, Saparua, Ambon, Sidrap, Majene, Pinrang, Makasar, dan masih banyak lagi.

Sumber: http://kemdikbud.go.id/

Jumat, 27 November 2015

Update Webgis Pemetaan Sekolah LPMP Jawa Barat

Apa itu GIS Pemetaan Sekolah?


GIS adalah singkatan dari Geographic Information System atau system informasi geografis. GIS merupakan suatu alat yang dpat digunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spasial atau data yang bereferensi geografis. Setiap data yang merujuk lokasi di permukaan bumi dapat disebut sebagai data spasial bereferensi geografis. Misalnya data kepadatan penduduk suatu daerah, data jaringan atau saluran dan sebagainya.

Data SIG dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu data grafis dan data atribut atau tabular. Data grafis adalah data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di permukaan bumi. Sedangkan data tabular adalah data deskriptif yang menyatakan nilai dari data grafis tersebut.

Secara garis besar, data grafis dibedakan menjadi tiga macam yaitu data titik (point), garis (line) dan area (region atau polygon). Data grafis Titik biasanya digunakan untuk mewakili objek kota, bangunan, kondisi lahan. Data Garis dapat dipakai untuk menggambarkan jalan, sungai, jaringan atau saluran dan lain-lain. Sementara data Area digunakan untuk mewakili batas administrasi, penggunaan lahan, kemiringan lereng dan lain-lain. Sedangkan struktur data SIG ada dua macam yaitu vector dan raster . Pada struktur data vector  posisi objek dicatat pada system koordinat. Sedangkan objek pada struktur data raste disimpan pada grid dua dimensi yaitu baris dan kolom.

Data atribut atau tabular merupakan data yang menyimpan informasi mengenai nilai atau besaran dari data grafis. Untuk struktur data vector, data atribut tersimpan secara terpisah dalam bentuk tabel. Sementara pada stuktur data raster nilai data grafis-nya tersimpan langsung pada nilai grid atau piksel tersebut. (Safrin Arifin - mugi.or.id)

Pemetaan Sekolah adalah proses penghimpunan data yang ada di satuan pendidikan dengan mekanisme terstruktur sehingga data dapat dikelompokkan atau dipetakan berdasarkan kriteria tertentu sehingga menghasilkan informasi spesifik bagi sekolah dan dapat dilihat kecenderungannya bagi para pemangku kebijakan.

GIS Pemetaan Sekolah adalah sistem informasi geografis khusus untuk memetakan sekolah, data yang dipetakan adalah data spasial (tata letak ruang dan kondisi sekolah di muka bumi), data siswa, data pendidik dan tenaga kependidikan, data sarana prasarana, dan data mutu pendidikan.

Petunjuk Pengisian Format Pendataan

1. Login ke halaman http://webgis.lpmpjabar.go.id/

2. Download format excel pendataan sekolah (FORMAT_DATA_SEKOLAH.XLS)

3. Isi file excelnya (format pendataan tersebut berlaku untuk update data dan penambahan sekolah apabila sekolah tersebut belum terdaftar)

4. setiap pengisian kolom data perhatikan header kolom tersebut, jika terdapat tanda segitiga merah pada header kolom tersebut, maka kolom tersebut ada petunjuk cara pengisian. Coba gerakkan mouse pada header yang ada tanda segitiga merah, maka akan menampilkan cara pengisian di kolom tersebut. khusus untuk kolom Kec_ID, maka pengisian kecamatan tersebut menggunakan kode kecamatan yang terdapat pada Sheet Referensi.

5. Upload format tersebut


Lihat hasil upload format tersebut, jika sukses akan tersimpan dan tampil di webgis


Selanjutnya silahkan lengkapi datanya. Sesuai hasil sosialisasi LPMP Jawa Barat, paling lambat bulan Desember 2015.

Sumber: http://webgis.lpmpjabar.go.id

Kamis, 26 November 2015

Lomba Guru Berani Menginspirasi




Ketentuan Lomba


  • Peserta adalah para pengajar (TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang masih aktif mengajar.
  • Pengalaman bisa disampaikan dalam bentuk karya tulis/video yang menceritakan inspirasi tentang cara kreatif mengajar, tidak melanggar SARA, tidak mengandung pornografi dan kekerasan.
  • Hasil karya harus asli, bukan jiplakan.
  • Peserta mengirimkan biodata, copy KTP dan nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Karya yang dilombakan sepenuhnya menjadi hak milik panitia.
  • Tulisan diketik dengan huruf Arial 12, spasi 1.
  • Ukuran kertas A4, dan maksimal 10 halaman.
  • Karya-karya terpilih berpeluang akan diterbitkan menjadi buku dalam seri “Berani Menginspirasi” setelah melalui tahapan seleksi dewan juri*.
  • Informasi pemenang dapat dilihat melalui website resmi Penerbit Erlangga dan akan dihubungi langsung oleh panitia terkait mekanisme penyerahan dan pengiriman hadiah.
  • Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Karya mengacu pada panduan yang telah ditetapkan (terlampir dalam Flyer).
  • Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya cara mengajar kreatif. 

* Mekanisme perjanjian kerja sama akan diatur secara terpisah

Panduan Penulisan Karya

Karya yang Anda buat harus mencakup poin-poin berikut:

  1. Tantangan atau kesulitan yang Bapak/Ibu hadapi dalam menjelaskan suatu materi pelajaran agar mudah dipahami oleh siswa. Sampaikan mata pelajarannya dan kompetensi dasarnya. Deskripsikan dengan jelas bentuk tantangan atau kesulitan yang Bapak/Ibu temui tersebut.
  2. Tindakan yang Bapak/Ibu lakukan untuk mengatasi tantangan atau kesulitan tersebut. Deskripsikan dengan jelas kiat/strategi khusus dan/atau alat peraga yang Anda gunakan dalam mengatasi tantangan tersebut.
  3. Kesuksesan yang Bapak/Ibu peroleh dari penerapan kiat/strategi khusus dan/atau penggunaan alat peraga dalam mengatasi tantangan atau kesulitan tersebut.

Jika Anda menggunakan kiat/strategi khusus, deskripsi meliputi:
· bentuk kiat/strategi
· cara mempraktikkan kiat/strategi tersebut dalam proses belajar, dari awal sampai penutup
· cara mengevaluasi hasil belajar dengan menggunakan kiat/strategi tersebut.

Jika Anda menggunakan alat peraga, deskripsikan:
· jenis alat peraga
· bahan yang digunakan
· gambar atau foto alat peraga
· cara menggunakan alat peraga, dari awal proses belajar sampai penutup
· cara mengevaluasi hasil belajar dengan alat peraga tersebut.


Informasi lebih lanjut, hubungi:
Departemen Marketing Nasional
PT Penerbit Erlangga (021) 8717006 ext. 228,
atau klik www.erlangga.co.id

Senin, 23 November 2015

Aplikasi Try Out Ujian Nasional


Aplikasi ini dikembangkan oleh Balai Pengembangan Multimedia-Pustekkom-Kemdikbud dengan tujuan untuk melatih kemampuan anda dalam melakukan Ujian Nasional. Harapan di kembangkanya program ini agar siswa dapat dengan percaya diri menghadapi Ujian Nasional hingga hasil Ujian Nasional akan menjadi semakin baik.

Jika anda belum menjadi anggota (belum memiliki ID Pengguna) silahkan registrasi dulu.



Isilah dokumen anda dengan benar, hingga nama anda yang tercantum dalam database kami adalah data yang benar hingga selanjutnya dapat kami mengunakannya untuk kepentingan Pendidikan di Indonesia. 

Aplikasi Tryout Ujian Nasional ini dibuat semirip mungkin dengan ujian nasional yang sesungguhnya. Setelah anda memiliki ID Penguna silahkan login, kemudian pilih jurusan dan mata pelajaran yang ingin anda ikuti. Dalam mengerjakan soal dapat dilewati, kemudian bisa mundur untuk mengerjakan nomer yang lebih rendah.


Tutorial sederhana tetang Aplikasi Tryout UN ini dapat diunduh DISINI


Sumber: http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id/

Jumat, 20 November 2015

Edaran Kadisdik tentang HUT KORPRI ke-44

Berikut kami sampaikan salinan surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor tentang Pemasangan Spanduk dalam rangka HUT KORPRI ke-44 Tahun 2015.




Contoh Spanduk:


Rabu, 18 November 2015

Kebijakan Berbasis Dapodik, Operator Sekolah Berperan Penting


Mulai 2016, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama akan murni menggunakan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk intervensi kebijakan, salah satunya mengenai pembenahan sarana prasarana sekolah. Direktorat tak lagi memerlukan proposal dari sekolah.
“Untuk mengetahui jumlah kebutuhan RKB, kita tinggal buka Dapodik dengan membandingkan rombel dan ruang kelas yang dimiliki,” ujar Khamim, Kepala Subdirektorat Program dan Evaluasi, Direktorat Pembinaan SMP, saat menyampaikan materi pada Training of TrainersSistem Pendataan Dapodik di Hotel Harris Convention Center Bandung, Jawa Barat, Ahad malam, 15 November 2015.
Atas kebijakan tersebut, Khamim berharap kualitas data Dapodik kian hari semakin baik. Oleh karena itu, peran operator sekolah sangat penting. “Peran Bapak/Ibu sangat kami harapkan untuk memvalidasi data yang dientri teman-teman data di satuan pendidikan,” ujarnya.
Selain sebagai basis data rehabilitasi sarana-prasarana pendidikan, tambah Khamim, Dapodik juga digunakan untuk pemanfaatan program lain, salah satunya penyaluran Bantuan Operasional Sekolah.
Pada 2014, Direktorat Pembinaan SMP mengirimkan surat edaran kepada sekolah agar memperbarui (update) data Dapodik. Jika tidak melakukannya, sekolah tidak akan menerima dana BOS. Maka berduyun-duyun sekolah memperbarui datanya terlebih terkait data guru yang digunakan untuk penyaluran tunjangan sertifikasi.
“Data yang kami usulkan untuk anggaran BOS 2015 relatif lebih bagus dibandingkan setahun lalu,” ungkap Khamim.
Agar semua kebijakan tersebut terus berjalan, Khamim berharap peran operator sekolah terus ditingkatkan. Dengan kualitas data Dapodik yang semakin tinggi, kesuksesan program-program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga semakin baik.
Training of Trainers Sistem Pendataan Dapodik diselenggarakan di Hotel Harris Convention Center Bandung, Jawa Barat, pada 15-17 November 2015. Peserta acara ini berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Jumat, 13 November 2015

Kemendikbud Siapkan Mekanisme Penilaian Kinerja Guru yang Komprehensif


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini sedang mematangkan mekanisme penilaian kinerja guru (PKG) yang komprehensif. PKG merupakan tindak lanjut dari uji kompetensi guru (UKG) dalam rangka menghasilkan potret kompetensi guru. "Nantinya, nilai UKG akan digabungkan dengan PKG, skor akhir kedua tes ini akan menjadi potret utuh kompetensi yang dimiliki seorang guru," kata Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata di Jakarta, Rabu (11/11) kemarin.

Sumarna Surapranata menjelaskan PKG akan dilaksanakan tahun depan. Skema ini menilai guru secara lebih menyeluruh, baik secara pengetahuan maupun kemampuan. "Karena orang yang jago dalam matematika belum tentu bisa mengajar matematika, yang mahir berbahasa Inggris belum tentu jago ngajar Bahasa Inggris," ujar pria yang akrab dipanggil Pranata tersebut.

Ada empat komponen penilai dalam PKG, lanjut Pranata, yaitu pengawas, kepala sekolah, siswa, komite sekolah. "Untuk guru sekolah menengah kejuruan (SMK), ada penilaian dari dunia usaha dan industri," kata Pranata.

Dalam PKG, penilaian dari siswa termasuk komponen yang penting. "Kenapa siswa? Siswa itu bisa tahu bila selama satu semester gurunya hanya ngasih soal atau hanya mencatat padahal bukunya sudah ada. Siswa bisa menilai itu," ujarnya. Siswa yang setiap hari berinteraksi dengan gurunya tentu bisa objektif memberikan penilaian.

Tujuan yang diharapkan dari UKG dan PKG adalah guru-guru Indonesia menjadi insan yang mau terus belajar. Untuk mendukung pembelajaran guru tersebut, Ditjen GTK tengah menyiapkan modul-modul yang akan diunggah ke laman Internet. "Yang dikejar adalah guru sebagai pembelajar, kalau gurunya mau belajar maka para siswa pun lebih mau lagi belajar," pungkasnya.

Sumber: http://kemdikbud.go.id/

Rabu, 11 November 2015

Reminder Kemdikbud tentang Batas Waktu Pemenuhan Kualifikasi S-1 dan Rasio Peserta Didik terhadap Guru



Berdasarkan surat tersebut, guru wajib memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV paling lambat pada tanggal 31 Desember 2015 dan rasio jumlah peserta didik terhadap guru adalah 20 : 1. Maka dapat dikatakan bahwa 1 orang guru wajib mengajar sebanyak 20 orang peserta didik.

Klarifikasi "Media Sekolah"


Kami mengucapkan terima kasih atas klarifikasi Redaksi "Media Sekolah" terkait pemberitaan yang dimuat dalam tabloid edisi 181 Tahun VIII tanggal 1-15 Mei 2015 halaman 16 kolom 2 berita dengan judul "Pelatihan SIM Pendataan Dikdas Operator Sekolah Kota Bogor".

Berita tersebut ditulis oleh admin kami dan dimuat di blog ini. Kemudian tanpa konfirmasi seorang wartawan Media Sekolah perwakilan wilayah Bogor (inisial JFP) menulis kembali berita tersebut di tabloid yang mereka kelola.

Pelanggaran Kode Etik Jurnalistik

Menurut Kode Etik Jurnalistik Wartawan Indonesia BAB III Sumber Berita, Pasal 12: "Wartawan Indonesia tidak melakukan tindakan plagiat, tidak mengutip karya jurnalistik tanpa menyebut sumbernya."

Tindakan yang dilakukan oleh wartawan Media Sekolah dapat disebut sebagai tindakan plagiat dan melanggar Kode Etik Jurnalistik tersebut.

TAPI SAYANG MEREKA TIDAK MENGAKUI MENJIPLAK BERITA.

Sabtu, 07 November 2015

Pendaftaran Ujian Nasional Tahun 2016 Melalui Dapodik


Pendaftaran calon peserta ujian nasional tahun 2016 akan menggunakan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Demikian ketentuan yang termuat dalam Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional Tahun 2016.

Menu Data Peserta Didik yang terdapat dalam aplikasi Dapodik, akan menjadi rujukan dalam penyaringan calon peserta ujian nasional. Ketentuan ini berlaku bagi satuan pendidikan (baca: sekolah) mulai SMP, SMA, dan SMK.
Berangkat dari ketentuan tersebut, tiap satuan pendidikan diharapkan segera memeriksa kelengkapan dan kemutaakhiran data peserta didik. Di antara item data yang perlu diperiksa adalah identitas pribadi peserta didik, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan data orang tua peserta didik.
Verifikasi dan validasi data NISN bisa dilakukan melalui laman http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.
Sementara itu, tahap verifikasi data peserta didik sebagai calon peserta ujian nasional dapat dilakukan di laman Manajemen UN dengan alamat sebagai berikut:
  1. Satuan Pendidikan Dasar (SD dan SMP): http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
  2. Satuan Pendidikan Menengah (SMA dan SMK): http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/manajemen_un/web/
Tahap selanjutnya, tiap satuan pendidikan menyerahkan hasil verifikasi file data calon peserta ujian nasional tingkat akhir, kepada panitia ujian nasional yang berada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara panitia ujian nasional kabupaten/kota akan memproses file tersebut (mengirim) kepada panitia ujian nasional pusat melalui aplikasi BIO-UN untuk menjadi data peserta ujian nasional.

Untuk lebih jelas, Manual Aplikasi Pendaftaran Calon Peserta Ujian Nasional Tahun 2016 Berbasis Dapodik bisa diunduh di sini


Adapun Petunjuk Teknis Pendataan Peserta Ujian Nasional 2016 dapat diunduh di sini.

Tanggal 31 Desember2015, merupakan batas akhir pengisian Dapodik untuk pendaftaran calon peserta UN.
Jadwal
Sementara itu, untuk satuan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK/SLB) dan  satuan pendidikan di bawah Kemenag tidak menggunakan prosedur di atas. Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) telah membuat prosedur tersendiri.

Kamis, 05 November 2015

Infografis Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015






Sumber: http://www.kemdikbud.go.id/

Daftar SMK di Kota Bogor Penerima BOS Tahap II

Berikut adalah daftar SMK se-Kota Bogor sebagai sekolah penerima Dana BOS SMK Tahap II Tahun Anggaran 2015 Periode Juli - Desember 2015.

NO.
PROPINSI
KAB/KOTA
NPSN
NAMA SEKOLAH
1224
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69858462
SMK IT INSAN TODA
1225
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69894948
SMK KUSUMA WARDHANA
1226
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69886244
SMK NUSANTARA KOTA BOGOR
1227
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220273
SMKN 1 BOGOR
1228
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20238524
SMKN ANALIS KIMIA SMAKBO BOGOR
1229
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220311
SMKS AL FITRIYAH BOGOR
1230
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20279947
SMKS AL GHAZALY
1231
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220309
SMKS BHAKTI INSANI BOGOR
1232
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220281
SMKS BHAKTI TARUNA 1 BOGOR
1233
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220283
SMKS BINA BUDI LUHUR BOGOR
1234
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69774752
SMKS BINA INSAN MANDIRI
1235
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220284
SMKS BINA PROFESI BOGOR
1236
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220285
SMKS BINA SEJAHTERA 1 BOGOR
1237
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220286
SMKS BINA SEJAHTERA 2 KOTA BOGOR
1238
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69765806
SMKS BINA SEJAHTERA 3
1239
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
69765807
SMKS BINA SEJAHTERA 4
1240
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20269324
SMKS BOGOR MUHIDIN SCHOOL BMS
1241
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
60726805
SMKS HARAPAN SISWA
1242
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20256553
SMKS INFORMATIKA GLOBAL NUSANTARA
1243
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20238533
SMKS KARYA NUGRAHA BOGOR
1244
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20238537
SMKS PUI KOTA BOGOR
1245
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20238539
SMKS SAGAMULIA
1246
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20238541
SMKS SIROJUL HUDA 2 BOGOR
1247
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220301
SMKS TARUNA ANDIGHA
1248
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220304
SMKS TI SURYAKENCANA YAPIS BOGOR
1249
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220306
SMKS TRI DHARMA 2 BOGOR
1250
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220307
SMKS TRI DHARMA 3 BOGOR
1251
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220308
SMKS TRI DHARMA 4 BOGOR
1252
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20271922
SMKS TUNAS BANGSA SEJAHTERA
1253
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220300
SMKS WIDAYA ANANDA BOGOR
1254
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220292
SMKS YKTB 1 BOGOR
1255
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220293
SMKS YKTB 2 BOGOR
1256
Prop. Jawa Barat
Kota Bogor
20220297
SMKS YZA 4 BOGOR