Kami sangat menghargai Anda jika mengutip konten blog ini dengan menyebutkan sumbernya.

Kamis, 30 April 2015

Blog Competition: Kotaku Kota Cerdas!


Ukuran sebuah kota yang baik adalah kota yang mampu memberikan kenyamanan bagi penduduknya, kota tersebut wajib memiliki sirkulasi yang baik yang artinya penghuni kota dapat berpindah tempat menggunakan transportasi publik yang baik tanpa hambatan, jika transportasi kota tersebut buruk berarti sirkulasi kota tersebut bisa dikategorikan buruk karena sirkulasi ini juga sangat berperan besar dalam perkembangan kota. Tak hanya itu, proses sanitasi ataupun drainase menjadi ukuran penting seberapa jauh kota tersebut bisa dikategorikan sebagai kota yang baik atau kota yang cerdas bagi penduduknya.

Ukuran kota cerdas adalah kota yang menggunakan teknologi digital untuk menunjang operasionalnya dan diharapkan bisa membantu perkembangan kota secara siginifikan. Ada tiga faktor yang menjadi penilaian kota yang cerdas, cerdas secara ekonomi, cerdas secara sosial dan cerdas secara lingkungan.

Kota dapat dikategorikan sebagai kota yang cerdas secara ekonomi apabila kota tersebut sudah ditopang dengan perekonomian yang baik, kota dapat memaksimalkan seluruh sumber daya kota dan memiliki potensi sebagai penghasil keuntungan bagi pemerintah dan juga penduduknya. Kota yang masuk sebagai kota yang cerdas secara sosial, apabila kota tersebut sudah memberikan keamanan, kemudahan dan kenyamanan ketika berinteraksi sosial dengan sesama penduduk ataupun dengan pemerintah kota. Kota yang dikategorikan sebagai kota yang cerdas lingkungan, jika kota tersebut sudah menjadi tempat yang layak huni, sehat, hemat dalam penggunaan energi serta pengelolaan energi.

Bagaimana dengan kota Anda?
Bekerjasama dengan ITB, Harian Kompas dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tahun ini meluncurkan Indeks Kota Cerdas Indonesia yaitu pemeringkatan kota-kota di Indonesia yang mengundang 98 walikota anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) yang diharapkan dapat menginspirasi seluruh pemimpin, masyarakat, maupun pemerintahan kota lainnya, agar dapat mengembangkan kota secara cerdas dari optimal.

Dalam rangka mewujudkan kota cerdas untuk seluruh kota yang ada di Indonesia, Kompasiana mengajak seluruh Kompasianer sebagai penduduk kota masing-masing untuk saling memberikan ide, pendapat dan harapan seperti apa kota cerdas impian yang harus diwujudkan di masing-masing kota Anda. [KEV]

  • Peserta telah terdaftar sebagai anggota Kompasiana. Jika belum terdaftar, silahkan Anda registrasi dahulu di sini.

  • Peserta sudah terverifikasi, belum terverifikasi? Verifikasi di sini.

  • Tulisan bersifat baru, orisinal (bukan karya orang lain atau hasil plagiat), dan tidak sedang dilombakan di tempat lain.

  • Konten tulisan tidak melanggar Tata Tertib Kompasiana.

  • Dapat mengirimkan lebih dari satu tulisan sesuai dengan aturan jeda tayang Kompasiana.

  • Tulisan tidak mengandung unsur SARA.

  • Tema Lomba: Kotaku Kota Cerdas!

  • Peserta wajib mencantumkan tag: kotacerdas dalam tiap tulisan.

  • Lomba akan berlangsung dari tanggal 26 April - 25 Mei 2015

  • Tulisan yang tidak sesuai dengan ketentuan dan tema lomba tidak bisa diikutkan lomba.

  • Pemenang akan diumumkan 2 (dua) minggu setelah periode lomba berakhir.

  • Juara I: Uang Tunai sebesar Rp 3.000.000,-

  • Juara II: Uang Tunai sebesar Rp 2.000.000,-

  • Juara III: Uang Tunai sebesar Rp 1.000.000,-
Sumber: http://blog.kompasiana.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda!