Kami sangat menghargai Anda jika mengutip konten blog ini dengan menyebutkan sumbernya.

Selasa, 09 Juni 2015

Operator Sekolah se-Banten Gelar Acara Silaturahmi

Kapan Kota Bogor, Jawa Barat?



Serang (Dikdas): Operator Sekolah yang berada di Provinsi Banten menyelenggarakan silaturahmi di Hotel Salsa Beach Anyer, Serang, Banten, Jumat-Ahad, 5-7 Juni 2015. Dari Kota Serang, perwakilan yang datang berjumlah 64 orang, Kabupaten Serang 109 orang, Kabupaten Lebak 25 orang, dan Kabupaten Tangerang 2 orang.
“Semoga acara silaturahmi ini bisa lebih mengeratkan tali silaturahmi di kalangan Operator Sekolah yang ada di Banten,” kata Anis Munadi, ketua panitia penyelenggara.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Serang yang merangkap Ketua Kelompok Kerja Data Pokok Pendidikan (KK-Datadik) Dedi Arief Rohidi menyampaikan apresiasinya kepada Operator Sekolah yang sudah bekerja siang- malam untuk melakukan validasi data sekolah. Data yang diisi melalui Dapodik, lanjutnya, akan digunakan sebagai tolak ukur kebijakan baik di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. “Operator sekolah adalah pejuang data sehingga data bisa berkualitas,” tegasnya.
Data Dapodik, tambah Dedi, digunakan oleh Kemendikbud sebagai basis data untuk mendukung sejumlah kebijakan, di antaranya perencanaan penerimaan dana Bantuan Operasioal Sekolah (BOS), pencairan aneka tunjangan (sertifikasi, fungsional, akademis dan daerah khusus), Ujian Nasional (UN), pembuatan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), pemetaan guru (Sim Rasio), Program Indonesia Pintar (PIP), dan bantuan sarana prasarana.
Sementara Sarnata, Ketua (KK-Datadik) Dinas Pendidikan Kota Serang, dalam sambutannya berharap agar para Operator Sekolah menjalankan tugasnya secara profesional saat memasok data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, dan siswa ke dalam sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Dalam acara silaturahmi tersebut, sejumlah narasumber menyampaikan materi. Nazarudin, Admin di Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud, menyampaikan materi tentang alur tunjangan sertifikasi, tunjangan fungsional non-PNS, tunjangan akademis, tunjangan khusus, dan aturan-aturan yang berkaitan dengan PTK.
Agus Sapari dan Riva Argadia dari Pusat Data Statistik Pendidikan (PDSP) Kemendikbud membahas pengajuan NISN dan validasi siswa, PTK, dan sekolah. Sedangkan Edy Setiadi, Admin Dapodikdas Kemendikbud, membahas alur data dari proses penginputan hingga pemanfaatan data oleh direktorat teknis di Kemendikbud.* (Kang Fadh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda!